Kamis, 22 September 2022

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 (Gambaran Diri Menjadi Guru Penggerak di Masa Depan)

 


Oleh : Elly Agustina, S.Pd
CGP Angkatan 6 | SMAN 1 Abung Tengah
Lampung Utara


Menjadi guru penggerak layaknya kita berperan sebagai super hero dalam adegan televisi tontonan anak-anak kita. Kita akan menjadi role model yang akan senantiasa dicontoh oleh mereka.

Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalani diri sebagai guru penggerak, yakni diantaranya adalah; mengetahui hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, struktur lingkungan dan bagaimana semua itu mempengaruhi pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang; profil pelajar Pancasila, transformasi pendidikan, dan nilai-nilai apa saja yang harus dikembangkan oleh seorang guru penggerak.

Saya membayangkan apabila seandainya saya telah lulus menjadi seorang Guru Penggerak, maka saya akan menjalani peran saya sebagai berikut.  

1. Menjadi seorang guru penggerak yang terus bergerak dalam memberikan tindakan/ aksi nyata demi tercapainya perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik. Saya akan memulai dari diri saya terlebih dahulu, baru kemudian kelas tempat saya mengajar, sekolah tempat saya mengabdi, dan semoga dapat memberi dampak yang lebih besar di luar sekolah.

2. Menjadi seorang guru penggerak yang menerapkan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang berpusat pada murid, memberi contoh, mendampingi, dan memotivasi murid dalam proses belajar, dan terus membuat kondisi pendidikan yang membahagiakan.

3. Menjadi seorang guru penggerak yang mampu menjadi manusia merdeka. Seseorang yang tergerak dan bergerak, serta mampu menggerakkan manusia lainnya untuk bersama-sama melakukan perubahan.

4. Menjadi seorang guru penggerak yang memberikan dampak perubahan untuk lingkup kecil di dalam kelas, menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas, membuka wawasan murid dan melatih daya bernalar kritis murid dalam memecahkan suatu soal/permasalahan selama proses belajar.

5. Menjadi seorang guru penggerak yang menjunjung nilai-nilai guru penggerak dan memberi teladan kepada untuk warga sekolah, sebagai pendidik yang bertanggung jawab terhadap amanah yang diberikan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Dengan menerapkan nilai-nilai guru penggerak yakni berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif.