Minggu, 30 April 2023

Jurnal Refleksi Lokakarya 6


Assalamualaikum Wr Wb.

Salam guru penggerak , Tergerak-bergerak-menggerakan. 

Saya Elly Agustina, S.Pd, CGP angkatan 6 dari Kabupaten Lampung Utara. Dengan Pengajar Praktek Ibu Sinta Larasati, S.Pd dan Fasilitator Bapak Buniamin Farahat, M.T.

Pada klai ini saya akan merefleksikan kegiatan Lokakarya 6 angkatan 6 kabupaten Lampung Utara dengan Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Model 4F ini dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).

PERISTIWA
Pada hari sabtu tanggal 1 April 2023 saya mengikuti kegiatan lokakarya yang ke-6 yaitu di SMP IT Insan Robbani Lampung Utara. Kegiatan lokakarya dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB dengan waktu istirahat satu kali yaitu pada pukul 12.00 dan masuk kembali pukul 13.00. Dalam lokakarya ini kami berdiskusi tentang pengelolaan program yang berdampak positif pada murid dan sejauh mana posisi diri CGP setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak.

Pada lokakarya ini saya focus dengan program yang sudah saya rancang melalui tahapan BAGJA yaitu GELIAT (Gerakan Literasi Abung Tengah) . Program ini merupakan program intrakurikuler yang akan dikembangkan di sekolah kami yakni SMAN 1 Abung Tengah, dengan tujuan Keberagaman pembelajaran di kelas dengan media teknologi dan digitalisasi (Pembelajaran berdiferensiasi) Meningkatkan minat baca pada anak Penggunaan gadget pada anak tersalurkan dengan kegiatan yang positif. Mempersiapkan sedari dini perkembangan digital yang akan di hadapi pada masa mendatang. 

PERASAAN
Pada kegiatan lokakarya yang ke-6 perasaan saya sangat senang, bersemangat, dan yang paling menarik adalah adanya rasa penasaran dalam diri saya. Pada saat itu saya ingin sekali mendengarkan paparan program sekolah dari para CGP yang mereka rancang dengan memanfaatkan asset sekolah. Dari paparan yang disampaikan para CGP, saya dapat mengambil hal positif yang dapat saya adopsi untuk diterapkan di sekolah saya.

Kami para CGP dengan bimbingan dari Pengajar Praktik semakin faham bagaimana dalam merancang program sekolah yang dapat mengoptimalkan asset sekolah dan melibatkan murid secara aktif, mulai dari perencanaan, pelaksanaan program, dan sampai dengan kegiatan refleksi.

PELAJARAN

Dari kegiatan lokakarya 6 banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa saya ambil, diantaranya adalah saya lebih memahami tentang bagaimana mengelola program yang berdampak positif pada murid. Selain itu saya juga mampu mengukur diri, sudah sejauh mana dan apa saja yang sudah saya lakukan selama mengikuti program pendidikan guru penggerak ini. Dengan begitu maka saya dapat mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang ada dalam diri saya setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak ini.

PENERAPAN

Hal penting yang akan saya terapkan untuk menjalankan program ini adalah saya akan melakukan kolaborasi dengan seluruh warga sekolah, memanfaatkan kekuatan sumber daya/asset yang dimiliki sekolah, serta melibatkan murid secara aktif dengan mempertimbangkan suara, pilihan, dan kepemilikan terhadap program games based learning . Langkah konkret dalam mewujudkan program yang berdampak positif pada murid yaitu dengan menggunakan tahapan B-A-G-J-A. Dalam setiap tahapan B-A-G-J-A, saya akan melibatkan suara, pilihan, dan kepemilikan murid untuk mewujudkan student agency.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar